Translate

Kamis, 27 September 2012

Manusia Sebagai Makhluk Sosial



Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Oleh:
(Ambrosius Dean Perwira/A1B012011)

Jika membahas mengenai manusia, pasti tidak akan pernah ada habisnya. Mulai dari aspek social, biologis, ekonomi, serta kodratnya dalam kehidupan. Mengenai kodrat manusia dalam kehidupan, ada yang menyebutkan bahwa manusia adalah Makhluk Sosial. Mengapa manusia disebut sebagai makhluk social?

Manusia disebut sebagai makhluk social karena manusia tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia membutuhkan partner atau mitra untuk mengembangkan dan memperoleh kehidupan yang layak untuk dirinya. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, manusia juga membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Sekalipun dia mempunyai kedudukan dan kekayaan, dia selalu membutuhkan manusia lain, karena manusia diciptakan tidak dengan kemampuan dan alat-alat fisik yang cukup untuk bertahan hidup sendiri, seperti kuku dan gigi yang kuat seperti pada binatang (Singa atau Harimau). Selain itu, sejak lahirpun manusia sudah dapat dikatakan sebagai makhluk social. Mengapa dikatakan seperti itu? Karena pada saat persalinan atau proses melahirkan, manusia membutuhkan orang lain untuk membantunya dalam proses melahirkan tersebut. Oleh karena itulah manusia disebut sebagai makhluk social.

Jadi, manusia disebut sebagai mahkluk social karena ia tidak dapat berdiri sendiri dan membutuhkan atau memerlukan orang lain untuk mempertahankan dan melangsungkan kehidupannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar